Pendidik Bahasa Inggris di lembaga formal, non-formal, dan informal yang berpengetahuan luas, islami, inovatif dan mampu mengintegrasikan teknologi untuk melaksanakan tugas pembelajaran, serta mampu berperan di masyarakat dan berkompetensi di pasar kerja global.
Pengembang materi pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif, inovatif dan islami. Visi Program Studi Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dalam bidang pengembangan media pembelajaran pada tahun 2020.
Misi Program Studi
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis media pembelajaran, berdaya saing, dan berkarakter Islam bagi calon guru bahasa Inggris
Mengembangkan penelitian pendidikan dan keilmuan Bahasa Inggris yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan
Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk pengembangan kompetensi guru Bahasa Inggris
Tujuan Program Studi
Menghasilkan sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang berkompeten dalam pengajaran bahasa Inggris dan berbasis media pembelajaran, inovatif, serta berakhlak mulia sehingga mampu bersaing di level lokal maupun nasional.
Menghasilkan produk pemikiran dan pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif
Menyebarluaskan hasil pemikiran dan pengembangan pendidikan bahasa Inggris yang berkelanjutan.
Sasaran Program Studi
1. Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki penguasaan materi ajar Bahasa Inggris sekolah dan Bahasa Inggris untuk studi lanjut dengan kualifikasi sebagai berikut.
a. Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 4,5 tahun.
b. Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 dan meningkat 0,01 setiap tahunnya.
c. Memiliki sertifikat minimal 3 macam pelatihan soft skill.
d. Memiliki pengalaman melakukan (magang) di institusi/lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi.
2. Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik, kreatif dan inovatif dengan kualifikasi sebagai berikut.
a. Menghasilkan minimal satu karya media pembelajaran Bahasa Inggris.
b. Menghasilkan minimal satu karya penelitian yang berkontribusi kepada pengembangan keilmuan pendidikan Bahasa Inggris.
3. Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki integritas diri sebagai al uswah al hasanah bagi peserta didik dan masyarakat dengan kualifikasi sebagai berikut.
a. Mampu memimpin melakukan ibadah amaliah.
b. Mampu membaca Alquran.
c. Memiliki kemampuan menghafal surat-surat pendek dan doa harian.
4. Sarjana pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan interaksi dan komunikasi dengan peserta didik dan masyarakat dengan kualifikasi sebagai berikut.
a. Mampu memberikan pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang mendorong kepada pemberdayaan masyarakat.
b. Mampu membangun kerjasama dengan minimal instansi satu instansi baik pemerintah, swasta, organisasi masyarakat, maupun LSM.
c. Mampu memperkuat jaringan kemitraan dengan lembaga di dalam maupun di luar kampus.