Preaload Image

Pendekatan Pengabdian kepada Masyarakat

Pendekatan Pusat Pengabdian Masyarakat (PkM) UIN Sunan Ampel Surabaya mengalami perkembangan yang signifikan, mulai dari konvensional, Participatory Action Research (PAR), Asset Based Community Development (ABCD), Community Based Research (CBR) dan program integrasi perkuliahan, penelitian dan pengabdian (service learning).

Dalam renstra UIN Sunan Ampel Surabaya 2014-2019, ada perencanaan pengembangan wilayah pengabdian masyarakat (12 Kabupaten, termasuk wilayah tertinggal, terpencil, luar pulau dan luar negeri). Oleh karena itu, sejak tahun 2014 lokasi KKN tidak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri, yaitu KKN Internasional di Thailand. Lokasi KKN yang semula di Kabupaten Gresik, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Bojonegoro, dikembangkan ke Kabupaten Kediri dan Kabupaten Magetan.

Pengabdian Masyarakat tertuang dalam renstra UCE (University Commnunity Engagement), yaitu menjadi universitas yang dekat dengan masyarakat. Dalam naskah rencana strategi bisnis UIN Sunan Ampel 2014-2019 hal ini tertuang sebagai sebuah isu strategis yang ingin dicapai dengan rumusan “Pengembangan sistem pembelajaran berbasis riset dan pengabdian masyarakat”.