Preaload Image

SIMULASI PERADILAN SEMARAKKAN UCE 2019

UINSA Newsroom, Kamis (07/03/2019); “Saudara saksi apakah disaat penangkapan saudara melihat barang ini?” tanya Jaksa Penuntut.

“Iya,” jawab saksi mantab.

“Saudara tahu ini apa?” tanya Jaksa Penuntut lagi.

“Tahu,”

“Apa?”

“Sabu-sabu”

“Tahu berapa beratnya?”

“Saya tidak tahu beratnya.  Saya hanya melihat barangnya saat penangkapan,” ujar saksi memungkasi.

Percakapan itu bukan dialog fim. Akan tetapi itu adalah percakapan yang dilakukan antara Jaksa penuntut dan saksi dalam pengadilan kasus kepemilikan sabu-sabu. Namun juga bukan di Pengadilan sesungguhnya. Melainkan hanya di panggung UINSA Campus Expo (UCE) 2019 yang disulap menjadi layaknya pengadilan. Ada hakim ketua, anggota, jaksa penuntut, kuasa hukum terdakwa, hingga polisi.

Semua itu merupakan bagian dari mata rantai acara, dimana Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) secara khusus menampilkan Simulasi Klinik Etik berupa Peradilan Kasus Pidana Narkoba/Sabu-sabu.

Sudah menjadi rahasia umum, khususnya di lingkungan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, bahwa FSH adalah gudangnya para calon advokat. Kemampuan di bidang hukum dan peradilan menjadi keahlian para sarjana lulusan FSH UINSA. FSH UINSA menjadi satu dari enam kampus besar di Indonesia yang secara khusus memiliki kerjasama dengan Komisi Yudisial RI.

“FSH? Bisa! FSH? Mendunia!” seru dua pemandu acara menyerukan Jargon FSH. Dari dua pemandu tersebut juga dijelaskan, bahwa melalui simulasi tersebut, FSH ingin mengenalkan kepada segenap pengunjung seperti apa jalannya sebuah persidangan. Terutama bagi pengunjung yang didominasi siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat. “Semoga dengan penampilan ini bisa bersama kita belajar tentang hukum dan proses peradilan itu seperti apa?” tutur pemandu.

Selain Simulasi Peradilan, FSH UINSA dalam kesempatan ini juga menghadirkan penampilan Mahasiswa yang tergabung dalam Teater Q. Penampilan berupa drama musikal dan tari tersebut menambah semarak Pagelaran UCE 2019. Kegiatan UCE 2019 pun dipungkasi pada pukul 15.00 WIB. (Nur-Alf/Humas)

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *